Kerja Cerdas bukan Workaholic

I hate Monday

I hate when weekend ends

I hate the day in last holiday

I hate bla bla bla…..

Benarkah? Mengapa semua orang befikir kalau kerja adalah beban. Padahal tidak semuanya itu benar selama seseorang mencintai pekerjaannya. Lalu apakah kamu…. Ya kamu mencintai pekerjaanmu? Serius? Coba pikir lagi
Dalam seminggu yang 7 hari kita hanya bekerja selama 5 hari (umumnya di kantor atau back office) berarti jika 1 bulan dipukul rata 4 minggu rata2 bekerja  selama 5×4 hari. Yah cuma 20 hari dari 30 hari dalam sebulan. Artinya 1/3 dari waktu sebulan adalah hari libur, asik dong. Lantas apa yang menyebabkan seseorang menyatakan bahwa “i hate monday” apakah itu adil?
Semua hanya masalah psikologi, pikiran kita lah yang mengontrol tubuh kita untuk bertindak. Apakah kita mencintai pekerjaan kita? Kalau jawaban anda tidak, lalu mengapa masih kerja ditempat yang sama, mau pindah? Anda yakin tempat baru anda lebih baik dari yang sekarang?
Lalu apakah saya termasuk workaholic? Eits jangan cepat ambil kesimpulan. Keduanya baik membenci dan terlalu mencintai pekerjaan adalah sama buruknya. Mengapa, karena jika kita membenci suatu pekerjaan yang terjadi adalah mental brekdown, dan kemampuan kita akan terbatasi, siapa yg membatasi? Diri kita sendiri. Lalu jika saya amat mencintai pekerjaan saya maka akan menjadi workaholic atau gila kerja. Baguskah? Bagus untuk tempat dimana anda bekerja (misal kantor anda) tapi sebaliknya untuk badan anda.
Kilas balik tahun 2000 dimana karoshii ( bahasa jepangnya workaholic ) menjadi hal yang paling disalahkan atas meninggalnya Perdana Mentri Jepang Keizo Obuchi. Beliau divonis meninggal akibat workaholic. (http://en.m.wikipedia.org/wiki/Workaholic) tidak bagus buat kesehatan bukan? Kita harusnya bisa mengendalikan jam kerja tubuh kita sendiri. Kerja cerdas dengan tidak membuang2 waktu saat bekerja sangat membantu mengefisienkan waktu kerja agar optimal sehingga saat jam pulang kantor kita bisa langsung berkemas. Sebelum bekerja siapkan segala catatan penting dari rumah, siapkan materi meeting lebih dini dan atur waktu mengobrol dengan rekan kerja harus proporsional.
Mulai sekarang buang semua pikiran negatif mengenai “I Hate My Job, I Hate Monday dan teman-temannya” ganti dengan “Kerja Cerdas” manfaatkan waktu kerja sebaik mungkin, perbanyak minum air putih dan rajin olah raga.
Go Ion !!
See You Next Post ya
Tetap Semangat !!

Written by

Sentanu Eddy

Internet enthusiast, memiliki minat di bidang bisnis online & internet marketing. Ngobrol lebih lanjut? Follow saya ya :)

2 thoughts on “Kerja Cerdas bukan Workaholic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *