Ngabuburit WIP RG RX 78-2 Day 1

Ngabuburit!

Paling enak ngabuburit di bulan puasa, eh bentar, pada tau ga sih ngabuburit? Kata tersebut diambil dari bahasa Sunda yang artinya menunggu waktu berbuka puasa sambil melakukan aktifitas lain. Kalau di Jawa Barat sering diisi dengan jalan-jalan ke suatu tempat, main layangan, bantu mamah bikin kolak dan lain-lain selama itu positif. Nah ngabuburit berlaku buat saya juga loh, namun agak sedikit bergeser nih, karena ngabuburit saya kali ini adalah merakit GUNPLA!

Yes GUNPLA (Gundam Plastik Model) termasuk hobby yang mengasyikkan bagi kalian yang senang ngulik, telaten mengerjakan sesuatu, dan senang akan detail mekanis. Berhubung merakit GUNPLA merupakan kegiatan yang masih positif, kali ini saya bagi deh pengalaman ngabuburit saya di hari pertama puasa. Selamat menikmati, dan selamat berpuasa bagi kalian yang menjalankannya 🙂

(Real Grade RX 78-2 Gundam Box art)
Mari kita mulai dengan mempersiapkan berbagai tools nya dan kita buka isi box nya. Wah runner nya lumayan banyak dan memiliki detail yang luar biasa, mirip dengan yang di Box artnya, runnernya mengadupsi 3D coloring yaitu pembagian warna di beberapa panel, terkesan lebih real! Super sekali.
(Unboxing RX 78-2)
Dalam seri Real Grade, ada suatu bagian seperti rangka yang digunakan selain untuk menopang, juga untuk memberikan pergerakan yang wonderfull SUBARASHI!!
namanya Advance MS Joint, mirip dengan Inner frame pada seri Master Grade namun memiliki bentuk lebih sederhana dan ramping, eits tunggu dulu, coba perhatikan dengan seksama detail dari Advance MS Joint, benar2 segi mechanical yang keren, terdapat bagian-nagian yang dapat bergeser saat ditekuk.
(Advance MS Joint pada RG RX 78-2)
Perhatikan di bagian dadanya, yup bener itu adalah Core Fighter dummy yang digunakan Rei Amuro saat mengendalikan si robot ini. Jangan khawatir, dalam paket ini terdapat core fighter yang juga detail dengan warna tentunya hanya saja belum saya rakit hehehe :p
Memotong dan Melakukan lining sederhana
Memotong plastik pada runner juga sangat sederhana dimana joint plastik terhadap part nya tidak begitu sulit dipotong, untuk menghasilkan potongan yang rapi saya menggunakan Plastic side cutter, kalo tdk ada boleh menggunakan cutter biasa atau gunting kuku.
(Potong plastik pada sisi datar menempel di parts nya)
lakukan dengan cara menempelkan sisi datar side cutter ke bagian joint (sprue) yang akan di potong, lalu eksekusi! Bagian yang telah terpotong biasanya memiliki bekas potongan yang sering disebut bekas sprue (saluran tuang) 

Biasanya sih saya membenahi sisa sprue yang menempel menggunakan hobby knife sejenis cutter yang memiliki pegangan yang lebih nyaman digenggam). Nah hati2 ya menggunakan hobby knife ini karena selain cukup tajam, salah-salah bisa memotong atau mengikis plastik parts di bagian yang tdk diinginkan, berhubung ini tutorial merakit singkat maka pake hobby knife hehe kalau mau hasil yang bagus gunakan abbrasive (amplas) hajar dengan amplas 400 lalu beri amplas 600 terakhir poles dengan amplas 1000 (beli di toko bangunan banyak, makin besar nilai amplas nya makin halus permukaannya). Setelah amplas gunakan compound (ada 2 macam Coarse yang kasar scrub nya dan apa ya satu lagi tuh lebih halus deh) nah fungsinya itu menghaluskan sisa amplas tadi sehingga plastik jadi halus lembut seperti kulit saya. SKIP!

Kembali ke Hobby knife, nah berikut cara saya menghaluskan part menggunakan hobby knife

(Maap belom potong kuku :p)
Setelah yakin sudah oke part nya maka langkah selanjutnya ada detailing menggunakan liner (saya pake pigment ink yang biasa dijual di G*amedia dengan nama Drawing Pen, pakai yang paling kecil ujung nya 0,05 atau 0,1). Ikuti garis pada panel dengan seksama dan pastikan semua garis utama sudah terisi dengan pigment ink.
(Ikuti line nya dengan seksama)

Setelah selesai semua line dibubuhi tinta, biarkan kering sekitar 5 menit, karena pigment ink berbasis air, jadi mudah kering :D. Kira-kira begini hasilnya, acak2an gak papa…

(Lumayan …)
Kemudian saya ke kamar kecil, selonjoran, mainin hape dan balik lagi membawa sesuatu. Eh apa itu? Namanya penghapus! Saudara-saudara sekalian penghapus ini saya pakai buat merapikan lining yang belepotan tadi. Ini dia tersangkanya
(Jreng … jreng … penghapus ajaib!)
hapus garis-garis mubazir gak penting di panel yang telah di lining tadi sehingga hasilnya bersih, rapi, dan ganteng kayak saya ahahaha
(bandingkan hasilnya dengan yang tadi, beda jauh kan?)
Bila kalian sudah mengikuti cara ini saya nyatakan kalian sudah bisa lining di tahap pertama, kanapa? karena lining pun punya banyak macam cara. Salah satu caranya adalah menggunakan teknik washing yaitu menggunakan cairan solvent untuk mencairkan cat berbahan laquer atau petroleum. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan cat enamel hitam atau cat akrilik hitam yang diencerkan dengan menggunakan thinner. Setelah diencerkan, kamu bisa menggunakan kuas untuk mengisi panel-panel yang di lining tadi. Cara ini lebih advance karena membutuhkan pengetahuan tentang mencampur dan mengencerkan tinta. Mungkin akan saya bahas di lain kesempatan 😀
Detail pada Real Grade

kenapa mokit (Model Kit) ini di klasifikasi kedalam skala Real Grade? Karena dengan skala yang relatif kecil yakni 1/144 anda dapat merasakan detail yang luar biasa, artikulasi yang keren dan decal detail sekelas perfect grade. Masih gak percaya? Coba simak gambar berikut

(Detail pada kaki yang amazing!)
perhatikan kaki yang kanan (yang saya pegang) adalah posisi dimana sendi nya saya renggangkan, keren banget bisa dipartisi sedetail ini. Dan bandingkan pada kaki yang satunya (posisi normal) perhatikan pada detail panel dan booster benar-benar nyaris sempurna kawan! Ini adalah masterpiece di skala 1/144.
Bukan cuma itu, coba kita lihat bagian keseimbangan, apakah mokit ini memiliki weight  issue? Jawabannya tidak, sangat sempurna. Perhatikan gambar dibawah dimana kaki diposisikan di tekuk ke belakang dan menyeimbangkan dengan 1 kaki.
(Perhatikan part di bagian paha yang bergeser saat di tekuk)

 

(No weight issue)
Sangat sempurna bukan? begitulah cerita singkat Ngabuburit di Hari pertama, tunggu lanjutannya ya 🙂
Semoga bermanfaat dan menambah semangat kita untuk merakit dan berbagi pengalaman.
(Kaki Sempurna)
Akhir kata saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya
See you next post ya!
Tetap semangat!

 

Written by

Sentanu Eddy

Internet enthusiast, memiliki minat di bidang bisnis online & internet marketing. Ngobrol lebih lanjut? Follow saya ya :)

3 thoughts on “Ngabuburit WIP RG RX 78-2 Day 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *